Rencana pemerintah menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai atau PPN menjadi 12 persen pada 2025 di tengah harga pangan yang terus melonjak akan menambah beban rakyat, khususnya kelas menengah bawah.
Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli menyarankan Pemerintahan Presiden Joko Widodo bisa meniru langkah Presiden ke-2 RI, Soeharto, dalam mengatasi persoalan pangan.

“Seperti zaman pak Harto kan fokusnya pada pertanian, ini bisa dicontoh kembali oleh pemerintah sekarang bagaimana cara supaya pangan mudah dan murah, termasuk keterjangkauan daging,” kata Taufik kepada¬†Kantor Berita Politik RMOL,¬†Selasa (19/3).

Salah satu fokus perhatian pemerintah Orde Baru kala itu adalah di bidang pertanian dengan fokus kepada peningkatan hasil produksi beras.

Kebijakan yang diberlakukan pada masa pemerintahan Soeharto tersebut berhasil membawa Indonesia mencapai swasembada pangan pada tahun 1984.

Indonesia selanjutnya mampu menjadi negara pengekspor pangan setelah sebelumnya hanya mengandalkan impor.

“Sentra tani harus dibantu untuk meningkatkan produknya mulai dari kemudahan pupuk, bantuan untuk petani, ini yang harusnya dilakukan pemerintah,” tandas Taufik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here