Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta menilai, saat menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan memiliki visi yang sama dalam menangani masalah warga Jalan Tanah Merah Bawah atau area di sekitar Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Untuk diketahui, saat menjabat gubernur DKI, Jokowi memberikan KTP kepada warga Jalan Tanah Merah Bawah. Kemudian, Anies saat menjabat gubernur DKI Jakarta menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) kawasan untuk area di sekitar Depo Pertamina Plumpang.

“Sebenarnya, itu (Jokowi memberikan KTP dan Anies menerbitkan IMB kawasan) menunjukkan bahwa, ya tadi, bisa dikatakan bahwa satu visi,” ujar┬áSekretaris I Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M Taufik Zoelkifli melalui sambungan telepon, Jumat (10/3/2023). “Sebagai pemimpin memang harus mendahulukan rakyat kecil,” lanjut dia.

Terbit Jelang Pemilu 2019 Taufik menegaskan, KTP serta IMB kawasan memang hak rakyat Jalan Tanah Merah Bawah yang mengaku telah menempati lokasi itu lebih dari 20 tahun. “Ini (pemberian dokumen kependudukan) berkaitan dengan hak rakyat yang menempati tempat tersebut lebih dari 20 tahun (warga Jalan Tanah Merah Bawah),” ujar Taufik.

Ia menyebutkan, tugas seorang gubernur DKI sebagai pemimpin memang harus mementingkan rakyat. Kata Taufik, hal itu telah ditunjukkan Jokowi ketika memberikan KTP kepada warga dan Anies saat menerbitkan IMB kawasan.

“Sebagai pemimpin tentu harus mengutamakan rakyat, bukan karena ingin dipilih saja, tapi memang itulah gunanya seorang pemimpin,” kata Taufik. “Sebenarnya itu sudah ditunjukan oleh Pak Jokowi ketika memberikan KTP, kemudian sekarang Pak Anies kan memberikan IMB (kawasan),” lanjut dia.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem DKI Jakarta Nurcahyo sebelumnya juga menyampaikan hal serupa. Nurcahyo menyebutkan, Anies saat itu menerbitkan IMB sementara untuk warga Tanah Merah sebagai bentuk upaya meneruskan pekerjaan Jokowi.

Menurut Nurcahyo, kebijakan Jokowi dengan membagikan KTP kepada warga di sekitar Depo Pertamina Plumpang, sudah tepat karena telah memberikan hak penduduk sebagai warga Jakarta.

“KTP dari Jokowi, IMB dari Anies. Itu tanda Jokowi (dan) Anies sevisi dalam rangka kepentingan rakyat. Janganlah menjadi polemik sehingga terkesan tidak berempati bagi yang terkena musibah,” ucap Nurcahyo, Rabu (10/3/2023).

Adapun penerbitan IMB sementara oleh Anies menjadi polemik usai Depo Pertamina Plumpang terbakar hebat pada 3 Maret 2023.

Akibat kebakaran itu, sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 49 orang luka-luka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here